TIPS WAWANCARA KERJA UNTUK PEMULA

Tips Wawancara Kerja Bagi Pemula

Bagi pemula atau freshgraduate, mendapat panggilan wawancara kerja merupakan kebahagiaan tersendiri. Saya pernah merasakannya. Berikut ini ini beberapa tips wawancara kerja untuk pemula.
  • Pelajari perusahaan yang memanggil Anda. Dulu, ketika lulus jadi sarjana, saya mengirim lamaran kerja ke beberapa perusahaan. Ada yang menanggapi dengan ucapan terima kasih namun belum ada lowongan, ada yang tidak ada kabar hingga saat ini, dan ada juga yang menjadwalkan untuk mengikuti tes tulis. Jika lulus tes tulis maka akan dilanjutkan tes wawancara. Saking senangnya mendapat panggilan tes wawancara, terkadang lupa untuk mencari tahu lebih dalam tentang perusahaan yang memanggil. Padahal, itu bisa menjadi nilai tambah dan menunjukkan betapa besar perhatian dan ketertarikan dengan perusahaan. Secara umum mungkin sudah tahu, seperti jenis perusahaan dan bergerak di bidang apa. Cobalah menggali lebih dalam, misalnya melalui website perusahaan, apa visi dan misinya dan bagaimana pengetahuan dan keterampilan Anda bisa membantu mewujudkannya. 
  • Tampillah menarik. Untuk keperluan wawancara, saya mempunyai satu setel pakaian andalan. Kemeja itu bahkan hanya saya pakai untuk keperluan wawancara kerja. Maklum, cuma ada satu namanya juga baru lulus.Menjadi freshgraduate tidak berarti tampil seadanya saat wawancara kerja. Tampillah semenarik mungkin, pakaian yang sesuai, rambut disisir rapi, sepatu yang mengkilap, dan senyum menawan.
  • Jangan lupa non-aktifkan HP. Anda tidak ingin ketika sedang menjawab pertanyaan pewawancara tiba-tiba ada yang bernyanyi di kantong Anda bukan? Makanya, matikan semua jenis alat komunikasi. Paling tidak silent mode.
Demikianlah beberapa tips wawancara kerja untuk pemula. Semoga bermanfaat…

Subscribe to receive free email updates: