PERSIAPAN WAWANCARA KERJA

Persiapan Wawancara Kerja

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan menghadapi wawancara kerja. Apa yang saya tulis di atas juga perlu untuk membuat penampilan Anda semenarik mungkin. Namun, jangan sampai melupakan hal-hal berikut ini.
  • Menggali lebih dalam informasi tentang perusahaan. Saat mengirim lamaran Anda tentu sudah tahu perusahaan apa dan bergerak di bidang apa. Saat menerima panggilan wawancara adalah waktu yang tepat untuk mencari tahu lebih jauh tentang calon perusahaan tempat Anda bekerja. Hal ini bisa dilakukan melalui website perusahaan. Catat dan camkan informasi penting yang Anda dapatkan di sana. Misalnya pimpinan perusahaan, lamanya berdiri, dll. Apa manfaatnya? Jika ada pertanyaan “apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?”, Anda sudah bisa bercerita banyak. Ini jelas akan menjadi nilai tambah bagi Anda. Ini bisa menjadi catatan bagus bahwasanya Anda menaruh perhatian yang besar terhadap perusahaan.
  • Berlatih dan berlatih lagi. Melatih diri menjawab pertanyaan di depan cermin sangat berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri. Juga bermanfaat untuk dapat menemukan jawaban terbaik terhadap pertanyaan-pertanyaan sulit, seperti yang pernah saya tulis di “3 Pertanyaan Menjebak dalam Wawancara Kerja“. Cobalah tanyakan pertanyaan umum yang sering muncul dalam wawancara, jawab, dan coba nilai bagaimana jawaban Anda. Jika belum puas, ulangi lagi sampai Anda merasa jawabannya sudah meyakinkan.

Subscribe to receive free email updates: